Saturday, January 22, 2005
Sekelumit Tentang Idul Adha

Cerita tentang Idul Adha yang dirayain di kampung eq pada hari Jumat, 21 Januari 2005. Eq ga tidur waktu malam takbiran, bukannya takbiran di masjid, tapi ngrekap data jamaah yang nyumbang qurban. Ga sadar udah subuh, ya udah deh, mandi sekalian trus brangkat sholat. Waktu khotib ceramah, eq tidur..abisnya ga kuat nih mata kalo dibuat melek..biarin dibilang memalukan, daripada tidur sambil duduk trus kepalanya jatuh kanan kiri, kan lebih memalukan lagi..*weeek*

Penyembelihan dilakukan mulai jam stengah 8 pagi tet. Eq yang niatnya ga pengen ikutan karena ga pengen kotor dan jijay banget ngliat begituan..harus dateng. Ga ngerasa terpaksa kok, soalnya eq yang bawa keplek panitia * :-p* Trus waktu penyembelihan sapi pertama fenomenal banget. Padahal udah disembelih lehernya, tapi sapinya masih bisa mengerang menakutkan..hiii kayak "suara2" di "Dunia Lain". Udah gtu, darahnya nyiprat2 lagi, yang kena waktu itu aku ma Lendra (Ketua Remas) karena kita emang mendekat sambil nyuting adegan penyembelihan. Kita kena darah di muka ma baju plus jilbabku. Setelah sapi pertama, sapi2 berikutnya tidak sefenomenal itu, menurutku biasa2 aja, paling cuman berontak.

Selanjutnya eq lebih banyak bertugas di bagian penghitungan kresek dan nomor kupon..hihi..enaakk bersihh...tapi baunya tetep, bau kambing. Aku heran, napa ya orang2 seneng ma kepala? Bapak2 pada minta kepala kambing, ga tau buat apa, ada yang minta paru sapi, paha kambing, tau deh, aneh2...trus ada yang minta "itu"-nya kambing..whuah !!! aneh puol !!!dah gtu waktu acara pembagian "itu" guyonannya bapak-bapak gini " Ati-ati lo yooo engko bengi gak iso turu..!! " .......hlah, maksudnya apa??? *jadi ngeres*

Waktu sholat Jumat, semua panitia tetep kerja, anak2 yang cowok leyeh2 di pinggir masjid, yang cewek tinggal ber3 termasuk aku. Hiks hiks..aku diusir ma pengurus masjid, ga boleh tiduran di pinggir masjid, soalnya aku cewek dan sekarang wakntunya jumatan jadi gak boleh ada cewek ..kok bisa sih??eq kan mau tidurrr...akhirnya eq tidur deket tumpukan kepala kambing *iuhhhh*

Aku kasian banget ma temen2 cowokku, mereka benar2 ALL OUT !!! Habis jumatan langsung juan deres ma petir, dan lokasi pembagian daging kurban pun banjir. Termasuk didalamnya adalah eq yang sibuk nyoretin kupon2. Whaahhh fenomenal banget, soalnya airnya kan menggenang sampe mata kaki, dan bermacam2 items sliweran di kaki kami..hihi..diantaranya adalah darah, sisa2 daging dan...tai sapi..!!!

Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar, ya...walopun ada sedikit adegan banting helm dari satpam karena para peminta daging qurban yang secara gratis susah diatur. Mereka dah pada antri sejak hujan belum datang sampe hujan reda. Mereka gak punya kupon, padahal kita kan mendahulukan warga yang punya kupon dulu. Whiii satpamnya pake bahasa Madura, berarti benar2 panas !!!

sendiri...kasian..sudah tak bernyawa


saat masih hidup :

saat disembelih :

saat kepala berpisah dengan tubuh :


tinggal kenangan :




suasana pemotongan dan penimbangan






bungkusan kresek isi daging qurban yang siap dibagi ke warga (belom smuanya)


biarpun banjir, tetep jalan


suasana di luar masjid, warga luar Mulyosari yang pengen dapet daging gratis :


pak ketu yang sangat bertanggung jawab, basah kuyup demi tertibnya acara


ibu-ibu yang masak buat makan siang panitia


bonus *hehe* cewek centil yang cita2nya pengen jadi fotomodel, bentar2 minta foto ke aku..hihi..kasian dia sendirian, bokapnya motong2 daging, nyokapnya nimbang2 daging, dia akhirnya nimbrung ma aku..



eq @ 19:17